Apa itu Perencana Meeting, Convention dan Acara

Apa itu Perencana Meeting, Convention dan Acara

Mengkoordinasikan segala aspek kegiatan konvensi dan acara dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Tanggung jawabnya antara memilih lokasi pertemuan, mengatur transportasi, dan mengkoordinasikan rincian lainnya agar acara dapat terlaksana dengan baik dan memuaskan pihak klien.

MICEakronim bahasa Inggris dari “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (IndonesiaPertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah suatu kecenderungan pada para pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi “ The Meetings Industry“.

Dunia MICE adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. Namun baru sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun di Indonesia sudah mulai ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan tentang MICE. Banyak negara yang sudah menjadikan dunia MICE sebagai salah satu potensi wisatanya.

Seperti Jepang dengan “Tokyo Motor Show”, Jerman dengan “Frankfurt Motor Show”, dan lain sebagainya. Bahkan berbagai biro perjalanan wisata telah membuat paket wisata mengunjungi berbagai event MICE di berbagai belahan dunia. Ini adalah potensi bisnis yang besar. Dunia MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Sangat banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari adanya event MICE di suatu negara. Puluhan roda industri di dunia akan berputar dengan baik karena ada event MICE.

Tugas Perencana Meeting, Convention dan Acara

Mengkoordinasikan kegiatan staf, personil konvensi, atau klien untuk membuat perjanjian saat pertemuan kelompok, acara, atau konvensi , Mengawasi kegiatan acara untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan hukum yang berlaku, kepuasan peserta, dan resolusi dari setiap masalah yang timbul, Berunding dengan staf di situs acara yang dipilih untuk mengkoordinasikan rinciannya, Memeriksa fasilitas acara untuk memastikan bahwa acara tersebut telah memenuhi kebutuhan pelanggan, Mengkoordinasikan layanan untuk acara, seperti akomodasi dan transportasi peserta, fasilitas, catering, penandatanganan, display, persyaratan kebutuhan khusus, pencetakan, dan keamanan acara, Berkonsultasi dengan pelanggan untuk menentukan tujuan dan persyaratan untuk acara-acara seperti rapat, konferensi, dan konvensi
Pihak pihak yang akan mendapat keuntungan dari event MICE antara lain:

Kota-kota MICE di Indonesia antara lain AyawasiJakartaDenpasarJambiJayapuraUjung PandangMedanManadoSurabayaBatamYogyakartaPadangPalembang.

Perkembangan MICE di Bali sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan. Adanya elemen-elemen pariwisata terkait seperti Dinas Pariwisata yang juga bekerjasama dengan Bali Hotels AssociationINCCA (Indonesia Congress & Convention Association)ASITAPerhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), dan institusi serupa membuat Bali sebagai tujuan MICE di dunia selanjutnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya event dunia yang diselenggarakan di Bali seperti UNFCC dan Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Disamping itu, perkembangan MICE di Bali telah menjamah sektor perhotelah di Bali, dimana hampir semua hotel berbintang 5 di Bali memiliki fasilitas standar meeting seperti meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut. Biasanya MICE di organiser oleh Banquette Department.