Apa Itu Team Building

Apa Itu Team Building


Membangun tim
 (bahasa Inggris: team building) merupakan berbagai aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas. Hal ini berbeda dari pelatihan tim, yang dirancang dengan menggabungkan manajer bisnis, pembelajaran dan pengembangan/OD (internal atau eksternal) dan HR Business Partner (jika ada peran) yang bertujuan meningkatkan efisiensi, daripada hubungan interpersonal.

Cara Membuat Virtual Team Building Tidak Membosankan

Berbagai latihan dalam membangun tim ditujukan untuk mengekspos dan mengatasi masalah interpersonal dalam kelompok.

Dari waktu ke waktu, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dalam sebuah tim yang berbasis lingkungan. Team building adalah salah satu dasar pengembangan organisasi yang dapat diterapkan dalam kelompok-kelompok seperti tim olahraga, kelas-kelas sekolah, unit militer atau awak pesawat. Lingkup dari membangun tim meliputi:

  • menyelaraskan tujuan
  • membangun hubungan kerja yang efektif
  • memastikan peran dalam suatu tim
  • mencari solusi permasalahan dalam tim

Membangun tim merupakan pendekatan yang banyak digunakan dalam membangun atau mengembangkan organisasi.

Dari semua kegiatan organisasi, suatu studi menunjukkan bahwa pengembangan tim memiliki dampak yang kuat dalam meningkatkan kinerja keuangan organisasi Pada tahun 2008 berdasarkan hasil studi meta analisis menunjukkan bahwa program pengembangan tim meliputi membangun tim dan pelatihan tim, meningkatkan kinerja tim serta dan kinerja pengawas.

Team building juga merupakan suatu kesempatan untuk mengembangkan diri dan bertumbuh. Sebagai individu akan mendorong diri mereka sendiri melampaui zona nyaman peserta, mampu tumbuh dan belajar tentang diri mereka sendiri.

Karena setiap orang memiliki level yang berbeda kenyamanan mengenai emosi dan tantangan fisik, maka setiap orang didorong sepanjang program untuk menetapkan tujuan tantangan mereka sendiri. Ini gagasan “Challenge by Choice” harus ditekankan di awal dari setiap program Team Building. Ini membantu memastikan individu mendorong tingkat kenyamanan mereka juga tertantang. Di akhir setiap kegiatan, peserta diberi kesempatan untuk merenungkan dan dilakukan debrief pengalaman mereka dan menghubungkan pada kehidupan sehari-hari. Refleksi ini mengubah Experience program Team building menjadi metode untuk menuju jangka panjang dengan perubahan yang positif.

Jasa Virtual Event Webinar

Berikut Tujuan program Team building yang Kami siapkan  :

  • Meningkatkan perasaan dan emosional masing-masing peserta, kepercayaan diri dan menciptakan perasaan berprestasi.
  • Mdningkatkan pemahaman peserta dari diri mereka sendiri dengan peserta lainnya.
  • Mengembangkan inisiatif dan tanggung jawab untuk menyelsaikan tugas melalui perencanaan kelompok dan kerja tim, brainstorming, dan penyelesaian masalah.
  • Membantu memfasilitasi pertumbuhan kelompok, memudahkan kelompok melalui periode yang sulit atau berproses, dan mengembangkan keterpaduan di antara anggota kelompok.
  • Mnhgembangkan rasa hormat dan pengakuan untuk kemampuan dan keterbatasan masing-masing individu.
  • Menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif dalam interaksi kelompok.
  • Mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk interaksi kelompok.
  • Mengembangkan keterampilan Leadership (kepemimpinan).
  • Memperjelas cara peserta berperilaku dalam berbagai situasi dan apa efek perilaku tersebut terhadap kelompok.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *